Kirimkan pertanyaan/keluhan medis Anda seputar masalah seksual dan/atau pernikahan ke: info@klinikmedis.com

Menopause

menopauseApakah menopause itu? Jika Anda seorang wanita yang sudah memasuki usia 40-an, Anda mungkin mulai akan mengalami menstruasi yang tidak teratur, emosi yang tidak stabil, nafsu seks berkurang, vagina terasa kering atau kesulitan tidur. Ini semua adalah gejala menopause dan Anda mungkin sedang memasuki masa perimenopause.

Perimenopause ialah transisi menuju menopause. Ini ialah saat dimana seorang wanita mulai memasuki akhir dari masa suburnya. Artinya, wanita tersebut mulai memasuki masa tidak produktif untuk melahirkan seorang anak lagi. Secara medis, produksi estrogen dari ovarium Anda makin lama makin berkurang. Kadang-kadang ini dapat terjadi mulai dari usia 30-an, namun umumnya terjadi sekitar usia pertengahan 40-an sampai pertengahan 50-an. Rata-rata masa perimenopause ini sekitar empat tahun, tetapi tentu saja ini tidak mutlak. Kadang-kadang dapat terjadi ini hanya berlangsung selama beberapa bulan bagi seorang wanita, namun di wanita lain mungkin bisa mencapai sepuluh tahun. Kapan perimenopause ini berakhir dan menopause dimulai? Secara medis, menopause dimulai jika Anda sudah tidak mengalami menstruasi sama sekali lagi selama 12 bulan berturut-turut.

Terkadang seorang wanita yang sedang memasuki masa menopause akan merasa frustasi. Ini disebabkan oleh perubahan fisik pada wanita tersebut, yang dapat mengakibatkan perubahan emosi pula. Anda mulai mungkin merasa tidak aman dalam hubungan pernikahan Anda, atau mulai merasa Anda bukan seorang wanita tulen lagi. Anda mungkin pula merasa menjadi kurang menarik, apalagi menopause juga biasanya diikuti dengan kenaikan berat badan. Mengatasi semua emosi negatif ini merupakan bagian dari proses menopause itu sendiri. Penting bagi Anda untuk tetap memiliki dan menjaga citra diri yang positif pada saat menopause. Bagi sebagian wanita ini mungkin bukan masalah, bahkan mereka mungkin merasa semakin dewasa karena sudah mencapai tahap berikutnya dalam hidup mereka. Namun jika Anda mengalami sedikit ataupun banyak perasaan depresi saat memasuki masa menopause, mungkin sebaiknya Anda berkonsultasi dengan seorang terapis. Tips-tips berikut juga mungkin akan dapat membantu Anda mengatasi depresi saat memasuki menopause.

Sangat penting untuk mencari dukungan yang positif saat Anda mengalami ini. Cobalah untuk berbicara dengan keluarga atau teman dekat yang sudah pernah mengalami menopause. Anda juga harus sadar dan menerima bahwa segala gejala yang terjadi pada saat Anda memasuki masa menopause adalah normal dan tidak dapat dihindari. Semakin cepat Anda menerima kenyataan ini, semakin cepat pula Anda dapat mengatasi depresi Anda.

Jika Anda membutuhkan pengobatan untuk satu atau lebih gejala menopause yang mengganggu, ada beberapa pilihan mulai dari terapi medis ataupun terapi psikologis. Salah satu terapi medis dikenal dengan istilah HRT (Hormone replacement therapy), ini dapat membantu Anda untuk mengatur kadar hormon dalam tubuh Anda dan mengurangi gejala-gejala yang mengganggu tersebut. Namun salah satu hasil penelitian juga mengatakan bahwa terapi ini bisa meningkatkan potensi Anda terkena serangan penyakit kanker, karena itu pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menjalankannya. Pastikan pula Anda tahu dengan jelas segala efek samping sebelum mengambil keputusan ini.Sejumlah wanita lebih menyukai terapi herbal, misalnya dengan daun damiana, tetapi ini juga tidak sepenuhnya aman. Konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memilih salah satu dari jenis terapi ini.

Salah satu hal yang kami anjurkan ialah makan makanan yang sehat dan perbanyak olahraga. Ini akan mencegah kenaikan berat badan Anda dan juga akan membuat Anda lebih fit dan percaya diri. Tetaplah berhubungan seks dengan suami Anda walaupun mungkin libido Anda tidak akan setinggi seperti biasanya. Sangat penting pula untuk berkomunikasi dan terbuka dengan pasangan Anda mengenai pasangan Anda. Terkadang komunikasi yang terbuka dan postitif dengan pasangan akan dapat sangat membantu Anda melewati masa menopause ini.


Baca artikel lain tentang