Kirimkan pertanyaan/keluhan medis Anda seputar masalah seksual dan/atau pernikahan ke: info@klinikmedis.com

Ejakulasi Dini

Ejakulasi Dini itu apa ?

ejakulasi diniEjakulasi dini adalah masalah seksual yang paling sering dihadapi oleh para pria. Ini khususnya lebih banyak terjadi pada pria dibawah 40 tahun. Istilah medis untuk keadaan ini ialah “Premature Ejaculation”. Ini terjadi jika seorang pria mengalami ejakulasi (biasanya dibarengi dengan orgasme) dalam waktu sangat singkat setelah berhubungan seksual. Tidak ada batas waktu yang pasti berapa lama seorang pria dapat bertahan dalam hubungan seks sebelum dapat dikategorikan sebagai mengalami “ejakulasi dini”. Banyak pria yang merasa mereka memiliki masalah ini walaupun mereka dapat bertahan lima menit – khususnya jika pasangan mereka merasa “kurang” dalam hubungan seksual pasangan tersebut. Secara umum, ejakulasi yang dicapai dalam waktu satu menit atau kurang disebut sebagai ejakulasi dini.

Bagi sebagian pria, ejakulasi dini terjadi setiap saat mereke berhubungan seks; bagi sebagian lagi masalah ini hanya kadang-kadang saja terjadi dalam kehidupan seksual mereka. Jika kehidupan seksual Anda baik-baik saja selama setahun kemudian Anda mengalami ejakulasi dini sekali, maka Anda sama sekali tidak perlu kuatir. Statistik mengatakan, semua pria pernah mengalami masalah ini minimal satu dua kali dalam hidupnya. Tentu saja, jika Anda mengalami masalah ini lebih sering daripada tidaknya dalam kehidupan seks Anda, maka itu saatnya Anda mulai menanganinya. Apalagi jika hal ini mempengaruhi kehidupan seks dalam hubungan suami istri dan keharmonisan dalam rumah tangga Anda.

Kabar baiknya, ejakulasi dini lebih sering disebabkan oleh faktor psikologis daripada faktor fisik ataupun medis. Bahkan sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter Anda, sebenarnya ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda untuk menangani masalah ini. Dan tips-tips ini kami berikan secara gratis di website KlinikMedis.com. Sebelum Anda mempelajari mengenai tips-tips ini, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mempelajari penyebab dari ejakulasi dini ini.

Penyebab Ejakulasi Dini

Banyak orang yang berpikir bahwa ejakulasi dini disebabkan oleh karena seorang pria terlalu bergairah saat berhubungan seks sampai tidak dapat menahan diri sehingga cepat berorgasme. Apalagi hal ini juga banyak kita saksikan dalam film-film yang ditayangkan di TV maupun di bioskop. Pada kenyataannya, sebagian besar kasus ejakulasi dini disebabkan oleh faktor emosional misalnya perasaan bersalah atau malu dalam masalah seksual. Ketidakmampuan menahan ejakulasi bukanlah penyebab utama, tetapi hanya merupakan gejala dari faktor emosional ini. Salah satunya, banyak pria yang terlalu sering melakukan masturbasi / onani sehingga menyebabkan perasaan malu dan bersalah dalam kehidupan seksual rumah tangga mereka.

Kasus yang umum terjadi, seorang anak remaja lelaki mulai berkenalan dengan aktivitas masturbasi dan merasa ketagihan olehnya. Untuk memenuhi hasrat ini maka si remaja pria mulai suka menonton film porno secara sembunyi-sembunyi, dan setiap kali menontonnya dia akan cepat mencapai orgasme terutama pada bagian-bagian yang paling menggairahkan. Secara tidak sadar, si remaja pria sudah mengkondisikan bawah sadarnya untuk cepat mencapai ejakulasi tiap kali melakukan masturbasi ataupun hubungan seks. Ini akan terbawa hingga sampai pada saat si remaja pria sudah menikah dan berumah tangga.

Sama seperti halnya dengan disfungsi ereksi, pria dapat terperangkap dalam lingkaran setan karena perasaan malu dan bersalah dalam kehidupan seksual mereka. Setelah si pria mengalami ejakulasi dini beberapa kali, dia akan mulai merasa semakin minder dan akan semakin tegang atau stres saat akan berhubungan seksual berikutnya. Namun dengan adanya perasaan ini, justru akan semakin mempengaruhi performa seksual si pria dan dia akan mencapai orgasme lebih cepat lagi saat berhubungan seks kali berikutnya. Yang perlu dipahami ialah bahwa Anda dapat menghentikan perasaan malu dan bersalah ini dan menemukan kembali kehidupan seksual Anda sepenuhnya tanpa rasa cemas dan bersalah.

Di bawah ini kami berikan tips dan teknik untuk mengatasi ejakulasi dini yang sangat efektif. Dengan menyembuhkan gangguan ejakulasi dini Anda, Anda akan meningkatkan kualitas hubungan intim suami istri dan juga keharmonisan kehidupan rumah tangga Anda. Kami yakin Anda pasti akan dapat memetik sejumlah manfaat dari tips dan teknik penanganan ejakulasi dini di bawah ini.

Tips untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Berikut adalah tujuh tips dan teknik yang sangat efektif untuk membantu Anda menangani masalah atau gangguan ejakulasi dini Anda.

1. Pernapasan yang panjang dan dalam
Pernapasan yang panjang dan dalam sebenarnya merupakan salah satu bentuk meditasi yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rangsangan terhadap organ intim Anda. Pernapasan dalam dan panjang juga dapat mengontrol emosi dan perasaan Anda sehingga dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini. Ini disebabkan pada saat Anda bernapas panjang dan dalam, Anda akan fokus kepada pernapasan Anda sehingga mengurangi kecepatan detak jantung Anda. Hal ini akan memperlambat ejakulasi pula. Cobalah usahakan untuk menarik napas selama lima detik, tahan selama tiga detik, kemudian lepaskan selama lima detik pula. Jika Anda dapat melakukan hal ini selama lima menit secara terus menerus tanpa putus-putus, maka Anda dapat pula mempraktekkannya pada saat bercinta dengan pasangan Anda. Selain itu, bernapas panjang dan dalam saat berhubungan intim juga dapat meningkatkan gairah kedua pasangan.

2. Berhenti-dan-mulai-lagi
Teknik ini dilakukan dengan cara berhenti pada saat hampir mencapai klimaks, namun jangan sampai mencapai klimaks. Anda bisa mepraktekkan ini dengan pasangan Anda, atau jika pasangan Anda tidak berkeberatan Anda dapat melatihnya dengan melakukan masturbasi sendiri. Triknya ialah Anda harus berhenti tepat sebelum Anda mencapai klimaks dan jangan sampai mencapai klimaks. Saat Anda berhenti Anda bisa melakukan aktivitas lainnya yang tidak merangsang bagian alat vital anda, misalnya dengan berciuman. Setelah Anda rileks untuk beberapa saat, Anda dapat memulai lagi melanjutkan hubungan seksual dengan pasangan Anda. Setelah Anda terbiasa melakukan teknik ini, Anda akan dapat melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda dalam waktu yang lebih lama dan Anda berdua akan semakin menikmatinya.

3. Teknik Pijat 
Teknik ini hampir sama dengan teknik berhenti-dan-mulai-lagi di atas. Anda berhenti pada saat hampir mencapai klimaks, namun dengan cara memijat pangkal penis Anda (bukan ujung karena akan berefek sebaliknya) secara cukup kuat namun jangan sampai kesakitan. Ini akan mengurangi ereksi dan akan lebih efektif daripada teknik di atas jika dilakukan dengan benar. Sama seperti halnya dengan tenik nomor dua di atas, Anda perlu untuk melatih teknik ini sebelum Anda dapat melakukannya dengan terbiasa dan benar.

4. Gerakan Kegel
Gerakan Kegel umumnya lebih banyak dilakukan oleh wanita, namun dapat pula dilakukan oleh pria sebagai salah satu teknik untuk mengatasi ejakulasi dini. Gerakan Kegel adalah gerakan yang melatih otot panggul Anda. Ini dilakukan dengan melatih pada saat Anda membuang air kecil, Anda harus dapat menahan air urine Anda untuk berhenti beberapa saat, kemudian dilanjutkan lagi. Cobalah untuk menahan air urine Anda untuk tidak keluar selama sepuluh detik di tengah-tengah pada saat Anda sedang buang air kecil. Jika ini terlalu sulit mulailah dulu dengan menahan selama lima detik. Setelah Anda terbiasa melakukan ini, Anda dapat melakukan gerakan yang sama pada saat sedang bercinta. Ketika Anda merasa Anda sudah dekat dengan mencapai orgasme, tahankah otot panggul Anda dengan gerakan Kegel. Ini akan mengurangi intensitas rasa ingin mencapai orgasme Anda, dan Anda dapat menikmati hubungan seks dengan lebih lama.

5. Teknik Tantra
Teknik ini berasal dari India dan cukup dikenal di negara barat. Konsep dari Tantra ialah menganggap seks sebagai aktivitas untuk menggabungkan energi dan mengeksplorasi seluruh tubuh pasangan Anda. Jadi seks bukan hanya sekedar untuk mencapai orgasme saja. Dengan memahami konsep ini Anda akan dapat lebih menahan diri pada saat akan mencapai orgasme. Dalam prakteknya teknik Tantra juga menggunakan gabungan teknik pernapasan dan juga teknik berhenti-dan-mulai-lagi. Selain itu penting juga bagi Anda untuk menurunkan dagu Anda sedekat mungkin dengan dada Anda. Hal ini akan mencegah energi Anda untuk naik ke kepala Anda sehingga gairah Anda menjadi tidak terbendung. Untuk mempelajari teknik ini Anda dapat mendaftarkan diri di kursus tantra terdekat di kota ataupun negara Anda.

6. Kondoms dengan Benzocaine
Ada beberapa jenis kondom yang dibuat memang untuk mencegah ejakulasi dini. Kondom semacam ini memiliki zat Benzocaine di ujung dari kondom tersebut. Zat ini biasanya mampu menahan ejakulasi Anda selama kurang lebih lima menit. Bagaimana zat ini bekerja, ialah sebagai semacam zat pemati rasa sementara yang akan membuat ujuang penis Anda tidak terangsang dan Anda akan dapat melakukan aktivitas seksual dengan lebih santai. Jangan takut karena zat ini tidak akan membuat Anda mengalami disfungsi ereksi. Anda akan tetap dapat bereksi dan melakukan hubungan seks. Hanya saja Anda perlu menunggu hingga efek zat tersebut hilang yaitu selama sekitar lima menit sebelum Anda dapat mencapai orgasme dan ejakulasi.

7. Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat yang tersedia di apotik dan toko obat yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ejakulasi dini Anda. Salah satunya ialah Promescent. Obat ini bekerja dengan dioleskan pada kelamin pria sepuluh menit sebelum berhubungan seks. Cara kerja obat ini adalah dengan mematikan rasa selama beberapa saat namun Anda dapat tetap berereksi dan berhubungan seks. Obat ini juga tidak akan mempengaruhi sensasi pada pasangan Anda karena hanya akan berefek pada kulit Anda saja.

Selain itu keluarga obat antidepressant seperti misalnya Prozac dan Zoloft juga dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini. Obat ini bisa diminum beberapa jam sebelum berhubungan seks. Obat ini akan membuat rangsangan dan ejakulasi lebih mudah dikontrol. Namun perlu diperhatikan obat semacam ini membutuhkan resep dokter. Kami anjurkan Anda agar berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencoba obat semacam ini. Termasuk apa saja efek samping daripada obat-obat semacam ini.

 

Kami harapkan ketujuh teknik ini akan betul-betul bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi masalah ejakulasi dini, dan mencapai kehidupan seksual yang Anda impikan.


Baca artikel lain tentang

One Response so far.

  1. trisno says:

    bagaimana cara menyembuhkan enjakulasi dini secara permanen..